Selasa, 18 April 2017

SOFTWARE ANIMASI

Di era digital saat ini banyak orang yang membutuhkan perangkat lunak pengolah grafis. Penggunaannya pun bermacam-macam, untuk grafis 2D biasanya digunakan untuk pembuatan poster, pamflet, edit foto dan sebagainya. Untuk grafis 3D biasa digunakan untuk pembuatan animasi 3D, membuat prakarya untuk presentasi, dan lain sebagainya. Disini penulis akan mengupas beberapa perangkat lunak untuk pembuatan animasi, berikut penjelasannya :


BLENDER


BLENDER merupakan salah satu software aplikasi yang mendukung pembuatan animasi khususnya 3D. Aplikasi ini bisa kamu dapatkan secara gratis dan penggunaannya termasuk mudah untuk digunakan termasuk untuk yang baru belajar pembuatan animasi 3D. Jika sebelumnya pernah menggunakan 3ds Max, maka tidak akan mengalami kesulitan untuk menggunakan blender karena tampilan dan tools yang disediakan hampir sama dengan 3ds Max. Perangkat lunak ini berisi fitur yang merupakan ciri khas dari model perangkat lunak high-end

Spesifikasi :
  • 32-bit dual core 2Ghz CPU with SSE2 support.
  • 2GB RAM
  • 24-bits 1280x768 display
  • Mouse atau Trackpad
  • OpenGL-compatible graphics card with 256MB RAM
  • Disk Space 35MB
Sistem Operasi :
  • Windows
  • Mac OS X
  • Linux
  • IRIX
  • Solaris
  • NetBSD
  • FreeBSD
  • OpenBSD
Interface :
  • Default, biasanya interface default digunakan pada tahap modeling (pembuatan bentuk model 3D)
  • 3D View Full, digunakan untuk melihat tampilan full screen model 3D
  • Animation, digunakan pada tahap animating. Interface ini menyediakan graph, key frame, dan tools pendukung lainnya
  • Compositing, digunakan pada tahap pemberian efek-efek warna pada model 3D supaya terlihat nyata.
  • Game Logic, interface untuk para programmer game
  • Motion Tracking, digunakan untuk melihat gerakan model yang sudah dianimasikan secara lebih mendetail
  • Scripting, interface untuk menuliskan script pembuatan animasi, special effect, dan pemrograman game
  • UV Editing, pengaturan pencahayaan pada model 3D
  • Video Editing, interface sederhana untuk edit video yang sudah di render supaya menjadi scene utuh
Kelebihan :
  • Plugins converter yang cukup banyak
  • Tidak memerlukan ruang kapasitas yang besar
  • Tidak berat saat melakukan render untuk membuat animasi
Kekurangan :
  • Tools yang disediakan tidak selengkap 3ds Max
  • Semua dilakukan secara manual
  • User Interface cukup berantakan

Sumber 



3Ds Max


3D Studio Max kadang kala disebut 3ds Max atau hanya Max merupakan sebuah perangkat lunak grafis vektor 3D dan animasi, ditulis oleh Autodesk Media & Entertainment (dulunya dikenal sebagai Discreet dan Kinetix). Perangkat lunak ini dikembangkan dari pendahulunya 3D Studio fo DOS, tetapi untuk platform Win32. Kinetix kemudian bergabung dengan akuisisi terakhir  Autodesk, Discreet Logic. 3Ds Max adalah salah satu paket software yang paling luas digunakan sekarang ini, karena beberapa alasan seperti penggunaan platform Microsoft Windows, kemampuan mengedit yang serba bisa, dan arsitektur plugin yang banyak. Terdapat 5 metode pemodelan dasar di 3Ds Max yaitu :
  • Pemodelan dengan primitif
  • NURMS (subdivision surfaces)
  • Surface tool
  • NURBS
  • Pemodelan polygon

Spesifikasi :
  • Sistem Operasi Windows 7 SP1, Windows 8, Windows 10, dan Windows diatasnya
  • CPU 64-bit Intel atau AMD multi-core processor
  • 4GB RAM ( 8GB direkomendasikan)
  • 6GB (8GB direkomendasikan) ruang Hardisk bebas untuk install dan ruang swap
  • Pointing Device tiga-tombol mouse

Kelebihan
  • Memiliki feature model organic dan unorganic, organic dapat berupa karakter model mahluk hidup nyata seperti manusia, hewan, dan tumbuhan. Sedangkan unorganic merupakan karakter model yang dibentuk dari teknik Compound modeling dan Spline modeling yang mengkombinasikan teknik menggabungkan, memotong atau mengambil perpotongan dari berbagai objek.
  • Feature untuk memberikan rangka pada objek karakter 3D yang telah kita buat. Seperti memiliki  tulang sehingga objek animasi yang dibuat lebih terlihat nyata saat bergerak.
  • Feature untuk membuat texture real dan cartoon
  • Feature untuk memberikan efek-efek api, asap, kabut, pendar cahaya dan lain-lain.
  • Feature untuk membuat objek bulu, rumput, rambut, dan lain-lain
  • Feature untuk membuat objek kain atau baju
  • Feature untuk membuat objek liquid atau cairan
  • Feature untuk membuat animasi dinamis.

Kekurangan :
  • Tidak Open Source atau berbayar
  • Berbasis Windows jadi tidak dapat digunakan di Operasi Sistem lain
  • Spesifikasi yang tinggi sehingga munyulitkan untuk orang yang memiliki keterbatasan perangkat hardwarenya

Sumber :




Maya


Autodesk Maya atau sering disingkat menjadi Maya adalah sebuah perangkat lunak grafik komputer 3D dibuat oleh Alias Systems Corporation (Diakuisisi oleh Autodesk, Inc. pada tahum 2006). Maya digunakan dalam industri film dan TV juga untuk permainan video komputer. Maya digunakan dalam pembuatan animasi Upin & Ipin. Kelebihan dari program ini adalah proses pembuatan animasi yang relatif lebih mudah dibandingkan perangkat lunak 3D lainnya. Maya termasuk perangkat lunak grafik 3D terpopuler dan sering dikatakan sebagai yang terbaik pada masa kini, baik untuk modeling maupun animasi, khususnya character modeling dan animation. Selain itu, Maya juga sering digunakan untuk men design spesial effect untuk film. Saat ini, Maya telah mendunia dan menjadi standart peranimasian international. Sedemikian populernya software maya hingga industri perfilman Hollywood banyak menggunakannya dalam karya mereka, baik untuk pembuatan video klip, membuat film animasi seperti Finding Nemo, film pendek hingga karya besar seperti film kolosal semacam Lord of The Ring. Bahkan Alias Wavefront, pengembang software maya menerima penghargaan berupa piala Oscar untuk film LOTR. Grand Turismo juga merupakan salah satu game terkenal yang menggunakan maya sebagai keperluan produksi gamenya. Sejak konsolidasi dari dua paket yang berbeda, Maya dan versi selanjutnya telah berisi semua fitur yang sekarang telah unlimited suite, fitur-fiturnya antara lain sebagai berikut :
  • fluid Effects
  • Classic Clot
  • Fur
  • nHair
  • Maya Live
  • nCloth
  • nParticiple
  • MatchMover
  • Composite
  • Camera Sequencer

Spesifikasi :
  • Sistem Operasi Windows, Mac OS X, Linux
  • Qualified hardware-accelerated OpenGL graphics cards
  • 2GB RAM, 4GB untuk 64-bit
  • Ruang kosong Hard Disk 10GB
  • Optical Drive DVD-ROOM

Kelebihan :
  • Perangkat Lunak yang relatif mudah dibandingkan aplikasi 3D lainnya.
  • Bebas memanipulasi objek 3D.
  • Banyak memiliki feature efek untuk membuat objek lebih nyata

Kekurangan :
  • User Interface yang membingungkan untuk pemula yang ingin belajar
  • Tidak memiliki feature rangka yang memberikan tulang pada objek
  • Spesifikasi hardware yang tinggi

Sumber :



Kesimpulan yang dapat saya paparkan adalah semua perangkat lunak diatas baik dan masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihannya. Untuk pemula yang mau belajar design objek 3D disarankan menggunakan Blender,  karena selain opensource juga mudah dalam penggunaannya dan mudah untuk dipahami user interfacenya. Saya sebagai penulis juga akan memilih Perangkat Lunak Blender karena spesifikasinya lebih mudah untuk dijangkau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar